JOURNAL: An Exclusive Interview “Perjalanan Bermusik XTAB”

Perjalanan Bermusik XTAB

Didirikan pada pertengahan tahun 2001 di Batujajar, Cimahi. XTAB (Xtreme Tendencies Animosity Brutal) awalnya merupakan komunitas sepeda BMX yang pada akhirnya mereka bertransformasi menjadi sebuah band beraliran death metal. Kuartet yang digawangi oleh Ceng (Bass), Opik (Guitar), Odoy (Vocal), dan Ugun (Drum) tak jarang menyisipkan unsur-unsur etnik kebudayaan sunda dalam genre death metalnya, mulai dari lirik dalam lagunya hingga setiap aksi panggung yang menjadikan sebuah gimik tersendiri bagi X-Tab.

Pada 2008 silam, XTAB telah merilis album dalam bentuk fisik kaset dengan judul ‘Jawara Lain Jawara’ yang masih kental dengan unsur grinding punk. Terlepas dari itu di album ke dua X-TAB yang lahir pada pertengahan 2012 dengan judul ‘Brutality In My Hand‘ mereka benar-benar lebih fokus ke arah death metal dengan sistem distribusi yang bisa dibilang independen.

Saat ini XTAB lebih dikenal sebagai Death Metal Sundanis, alasannya karena dalam setiap lirik yang mereka buat selalu menyisipkan bahasa sunda yang tak lain bertujuan untuk mengangkat kembali budaya sunda, jauh dari hal itu ternyata masing-masing personil merasa punya kebanggaan tersendiri sebagai orang asli tanah sunda.

Siapa sangka pertemanan yang pada awalnya hanya sebatas teman untuk mencurahkan isi hati dan pikiran, ternyata dapat menghasilkan sesuatu yang membanggakan juga. Yang pada akhirnya mereka disatukan dengan nama X-TAB.

Dengan semangat baja yang tumbuh dari masing-masing personil, XTAB yang awalnya hanya bermain sebagai band pendukung akhirnya dapat menjadi band utama dalam sebuah perhelatan acara musik akbar di Bandung, yaitu Bandung Berisik.

Semenjak itu, X-TAB terus melakukan perkembangan yang cukup signifikan dari segi musik maupun gimik performa di panggung. Semangat baja yang muncul dari masing-masing personil membuat XTAB semakin terpacu untuk terus berkreasi di bidang musik, yang pada akhirnya X-TAB mampu mengisi line-up di acara sekelas Sonicfair Bandung pada tanggal 28 Agustus 2016 mendatang.

Category: journal, news
About The Author
-

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>