[Journal] Konser 25 Tahun Turtles Jr

Sabtu, 7 Oktober 2017 adalah hari perayaan ulang tahun band punk rock legendaris asal Bandung. Siapa gerangan kalau bukan nama fenomenal “Turtles Jr.” yang heboh dengan peluru andalannya “Kuya Ngora!!!” lagu tersebut sangatlah abadi, pasalnya dibuat sejak era 90an awal dan hingga saat ini masih terus dinyanyikan oleh beribu-ribu punk rock di tanah air.

Bertempat di Beerspot, Bandung, sore itu pukul 16.00 gate masuk sudah terlihat sesak oleh orang-orang yang memakai kaos hitam, lengkap dengan asesoris anting, tindik, dan juga tattoo. Tidak lupa gaya rambut yang sangat khas, berwarna-warni, dan tajam menjulang keatas. Parkiran motor dan mobil-pun sudah tidak dapat menampung lagi, alhasil trotoar-trotoar sepanjang jalan Supratman, Bandung dipenuhi motor yang menepi parkir.

Dibuka oleh beberapa band sejenis, ada Criminal Asshole asal pulau dewata, Bali, yang juga salahsatu dedengkot punk rock sejak 1995. Lalu ada nama Hellcity yang juga turut meramaikan perayaan ini. Dan yang sangat ditunggu-tunggu adalah “Turtles Jr.” dimulai pukul 20.00 band ini memainkan 25 lagu sesuai dengan umurnya saat ini yang telah menginjak 25 tahun.

Bagi sebuah band, terus berkarir hingga 25 tahun adalah pencapaian yang sangat besar. “Bermain musik adalah tentang terus melaju, menjelajahi berbagai macam kemungkinan baru dalam bermusik” ujar teman-teman Turtles Jr.

Selama malang melintang di kancah musik independent sejak 1992, Turtles. Jr menjelma menjadi salah satu raksasa di scene punk lokal Indonesia. Mereka tidak pernah berhenti naik turun panggung dan menjadi salah satu band paling sibuk yang ada di industri punk lokal.

25 tahun berkarir adalah bukan waktu yang singkat. Sempat berganti beberapa personil, namun mereka tetap berkarya hingga melahirkan 5 album sampai sekarang. Turtles Jr. merupakan salahsatu band yang juga membesarkan saya, di era-era sekolah menengah pertama di Bandung. Saya turut menjadi saksi perjalanan karir Turtles Jr. sejak jaman saya SMP hingga saat ini Turtles Jr. tetap menjadi dirinya sendiri, bebas, kasar, dan sederhana. Hingga celotehan sang vokalis adalah “Lain punk lamun teu rusuh” atau dalam Bahasa Indonesia “Bukan Punk kalau gak rusuh” hahahaa :p

Perayaan ulang tahun semalam itu adalah benar-benar pesta keluarganya Turtles Jr. terasa sekali suasana kekeluargaan yang hangat. Memainkan dari album pertama hingga akhir berurutan. Penonton bebas menikmati suguhan Turtles Jr dengan caranya masing-masing. Tidak ada yang merasa paling keren, dan tidak ada yang merasa paling senior, semua menghargai cara menikmati musik dari masing-masing pengunjung, semuanya bersatu melebur.

Terasa sekali oleh saya yang saat itu ada disana seorang diri, bisa dihitung jari orang yang saya kenal saat itu. Namun entah kenapa saya merasa sangat nyaman berada disana, seperti semuanya sudah kenal bertahun-tahun. Saling menyapa dan ramah, rasanya beda sekali saat saya datang ke acara yang justru menurut kebanyakan orang adalah acara keren nan hipster, disana saya banyak teman namun tidak terasa seperti keluarga. Hmm entahlah kenapa hehe

Oke kembali lagi ke topik. Panggung yang dibuat dengan tinggi setengah meter dan lebar kurang lebih 5 meter bebas diisi oleh siapasaja, penonton moshing sesuka hati, loncat kesana kemari dari atas panggung. Terinjak dan jatuh bukan masalah bagi mereka, yang terpenting adalah bagaimana kita bersama-sama bisa senang pada malam itu.

Tidak ketinggalan, ajang 25 tahun Turtles Jr. ini juga menjadi ajang reunion bagi para personil yang sempat mengisi posisi-posisi penting, ada manager, vokalis, drummer dll. Beberapa nama seperti Gebeg, yang sangat tenar dengan band bernama Taring, juga ada Amo Gusmo, yang juga drummer dari band Ram K What, lalu Eros, Barus, Oyok, Badig, dan Albert, mereka turut meramaikan panggung 25th Turtles Jr.

Ditengah penampilan mereka, panitia acara memberikan kejutan special, mereka membawakan kue ulang tahun lengkap dengan beberapa lilin cantik yang menyala, layaknya anak kecil yang merayakan hari ulang tahunnya, turtles Jr sempat bernyanyi dan meniup lilin bersama.

Penampilan Turtles Jr. ditutup dengan lagu andalan mereka “Kuya Ngora” namun kali ini ada yang berbeda, karena penonton yang mengisi panggung, lalu para personil turun moshing dan pogo dengan teman-teman lainnya. Sungguh perayaan ulang tahun yang sangat memuaskan hati para penontong yang datang.

Selamat sekali lagi Turtles Jr. semoga kalian terus bisa berkarya, dan yang terpenting adalah sehat-sehat selalu! (Rama Bintang)

****

Music: Turtles Jr – Fuck Your Friend
facebook.com/heartbreakstationtv
twitter.com/heartbreak_st
instagram.com/heartbreak_st

HEARTBREAKSTATION TV
©️2017

Category: journal, Slider
About The Author
-

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>